Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 12 Desember 2008

AKADEMI PIMPINAN PERUSAHAAN ( APP)


Akademi Pimpinan Perusahaan Adalah salah satu Perguruan Tinggi yang berstatus NEGERI dibawah pengelolaan Departemen Perindustrian dan didesain berdasarkan konsep Perguruan Tinggi terkemuka dalam manajemen Industri, yaitu The Sloan's School of Industrial Management pada Massachussetts Institute of Techology (MIT).
SEJARAH SINGKAT APP
Menurut publikasi International Labor Organization (ILO-PBB), Akademi Pimpinan Perusahaan merupakan sekolah perintis Manajemen Industri di Indonesia. Pada tahun 1957 atas prakasa beberapa pejabat / tokoh dilingkungan Kementrian Perindustrian didirikan suatu Pendidikan Pemimpin Perusahaan yang berupa kursus. Pada tahun 1959 dikembangkan menjadi Akademi Pemimpin Perusahaan disingkat APP berdasarkan SK Menteri Perindustrian No. 488 / TU, tanggal : 15 Januari 1959. Jurusan yang dibuka pada waktu itu Mekanik dan Kimia (sesuai dengan kebutuhan), kemudian menjadi Akademi Pimpinan Perusahaan dengan singkatan tetap APP.
Kuliah dibuka dan diresmikan pada tanggal 22 September 1959, yang sekaligus dinyatakan sebagai hari jadi APP.Pada tahun 1960 jurusan dirubah menjadi Teknik Industri dan dibuka pula Jurusan Umum Kepemimpinan. Pada sore hari dibuka kursus Asisten Akuntansi Perusahaan (KAAP) yang kemudian menjadi jurusan Akuntansi. Pada tahun 1963 yang diadakan pada waktu itu hanya jurusan Industrial Manajemen. Pada tahun 1968 dibentuk Pusat APP dengan membawahi 4 (empat) Akademi, yaitu APP (Akademi Pimpinan Perusahaan), ATP (Akademi Teknik Perusahaan), AEP (Akademi Ekonomi Perusahaan), dan AAP (Akademi Akuntansi Perusahaan). Dua tahun kemudian ke 4 akademi tersebut disesuaikan lagi / kembali menjadi jurusan.
TUJUAN
Menghasilkan tenaga-tenaga profesional dalam bidang industri yang diperlukan pada sektor perindustrian serta sektor-sektor lain yang terkait
.Menumbuh kembangkan / menanamkan jiwa wirausaha yang tangguh agar dapat bersaing di era globalisasi.
Menyediakan jasa konsultasi yang terpercaya dan kompetitif.

Mampu menghasilkan tenaga profesional dalam bidang manajemen industri dan perdagangan serta mampu menciptakan wirausahawan yang tangguh.


Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara terstruktur dengan mempertimbangkan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri , yaitu : Dalam bidang pendidikan : menyediakan SDM yang berkualitas sesuai dengan kebutuhadunia usaha dan dunia industri. Dalam bidang penelitian : melakukan penelitian yang mengarah pada penelitian aplikatif yang dapat diimplementasikan oleh dunia usaha dan dunia industri. Dalam bidang pengabdian pada masyarakat : meningkatkan pengabdian pada masyarakat dengan menjadikan APP sebagai Pusat Pelatihan, informasi dan penyedia tenaga konsultan serta menciptakan wirausaha baru.

Program studi

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Kompeten mendesain analisa jabatan dan membuat standar operasi prosedur(SOP)
Kompeten menetapkan besarnya upah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kemampuan perusahaan.
Kompeten merancang suatu bentuk pelatihan dan menyelenggarakannya.Kompeten sebagai wirausaha secara mandiri di bidang manajemen SDM.
MANAJEMEN KEUANGAN
Memahami lingkup tugas, peran dan fungsi utama keuangan dalam kehidupan dunia usaha industri (perusahaan) Memahami akuntansi manajemen, teknik pemeriksaan serta mampu menyusun penganggaran perusahaan Memahami manajemen perusahaan.

PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Memahami lingkup dan fungsi operasional tentang prosedur, tata cara dan peraturan mengenai perdagangan internasional. Mampu mengantisipasi perkembangan dan situasi perdagangan internasional. Mampu mempertimbangkan pilihan strategis dalam pengembangan usaha yang mampu berdaya saing Mampu melakukan negosiasi baik dalam maupun luar negeri.
MANAJEMEN PRODUKSI
Kompeten merencanakan dan menjadwalkan serta mengendalikan kegiatan produksi termasuk persediaannya.
Kompeten melaksanakan pengawasan dan pengendalian mutu secara terpadu.
Kompeten menetapkan tata letak fasilitas pabrik
Kompeten sebagai wirausaha secara mandiri di bidang produksi.

MANAJEMEN PEMASARAN
Kompeten merencanakan dan melaksanakan penjualan produk (barang dan jasa) Kompeten melaksanakan riset pemasaran Kompeten memberikan motivasi berprestasi dan melakukan supervisi terhadap tenaga penjualan (SPG/SPB) Kompeten sebagai wirausaha secara mandiri di bidang manajemen pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar