Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Rabu, 10 Desember 2008

STMI


Sejarah
Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang dimiliki oleh pemerintah di bawah pembinaan Departemen Perindustrian. STMI didirikan pada tanggal 22 September 1968 sebagai salah satu Pendidikan Tinggi dalam bidang Teknik dan Manajemen Industri dan pada perkembangannya sampai saat ini telah menjadi 5 jurusan yaitu:
1. Teknik dan Manajemen Industri
2. Sistem Informasi Industri
3. Manajemen Bisnis Industri
4. Teknik Kimia Industri
5. Tenaga Penyuluh Lapangan konsentrasi Manajemen Mutu
Berdasarkan Surat Keputusan Nomor : 305/M/IV/1968 tanggal 11 April 1968 yang ditandatangani Menteri Perindustrian Dasar, Ringan dan Tenaga membentuk tim persiapan pendirian Perguruan Tinggi Manajemen Industri. Berdasarkan laporan tim tersebut, maka Lembaga Penelitian dan Pendidikan Industri dengan Surat Keputusan Nomor : 446/SK/Lem/12/1968 tanggal 31 Desember 1968 mendirikan Perguruan Tinggi Manajemen Industri sampai tingkat Sarjana dan menyiapkan para mahasiswa untuk dapat berperan dalam bidang industri.
Berdasarkan Surat Keputusan tersebut maka pada bulan Oktober 1968 dimulailah penerimaan mahasiswa angkatan pertama. Calon mahasiswa yang diterima pada saat itu adalah mereka yang telah memiliki ijazah Sarjana Muda dan telah bekerja, baik di Departemen Perindustrian maupun di perusahaan industri.
Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor : 239/M/SK/9/1975, tanggal 25 April 1975 diadakan perubahan nama dari Perguruan Tinggi Manajemen Industri menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI).
Berdasarkan SK Bersama Menteri Perindustri dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 273/M/SK/VI/1981 tanggal 6 Juni 1981, maka mulai tahun akademik 1982/1983 STMI hanya menyelenggarakan Program Diploma IV sebagai pengganti Program Sarjana. Perubahan tersebut didasarkan atas Instruksi Presiden Nomor 15 tahun 1974 lampiran II pasal 8 yang tidak memperkenankan Departemen Teknis memberikan gelar Sarjana.
Dalam perkembangan selanjutnya, terhitung mulai tahun akademi 1983, STMI mulai menerima lulusan setingkat SLTA melalui ujian saringan masuk.
Pada tahun ajaran 2004/2005, STMI membagi program studi Teknik dan Manajemen Industri menjadi 2 konsentrasi yaitu Teknik dan Manajemen Industri serta Sistem Informasi Industri. Konsentrasi baru ini dibentuk untuk menjawab tantangan dan kebutuhan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi berbasis komputer untuk menunjang Industrialisasi berbasis komputer di abad ke-21 ini.
Pada tahun 2007, STMI resmi membuka 3 jurusan yaitu Sistem Informasi Industri, Manajemen Bisnis Industri serta Teknik Kimia Industri. Selain jurusan tersebut, terdapat 1 jurusan baru yaitu Tenaga Penyuluh Lapangan. Program TPL tersebut dibentuk oleh Departemen Perindustrian agar dapat menyiapkan tenaga penyuluh lapangan untuk membantu Industri Kecil dan Menengah. STMI ditunjuk sebagai penyelenggara program TPL oleh Departemen Perindustrian khusus pada program TPL konsentrasi Manajemen Mutu.
Visi
Visi merupakan gambaran kondisi masa depan yan ingin diwujudkan, Visi STMI adalah Menjadi unit penyelenggara pendidikan berbasis industri bagi sektor industri yang unggul secara nasional dan diakui secara regional.
Misi
Guna mewujudkan Visi, STMI menetapkan Misi yang diharapkan dapat terlaksana demi terwujudnya Visi yang telah ditetapkan sebelumnya. Adapun Misi STMI adalah:
1. Bersama Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Nasional untuk mengisi kebutuhan sumber daya manusia yang handal bagi sektor industri.
2. Memberikan sumbangan kepada masyarakat industri dan dunia keilmuan dalam pengembangan manajemen berbasis teknis dan pendekatan kuantitatif di Indonesia pada khususnya.
3. Menyediakan jasa layanan bagi sektor industri untuk memecahkan masalah aktual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar